Selamat Datang Di Cara Dan Belajar Hidup Sehat

Teh Hijau Matcha Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker, Benarkah?


Green tea atau teh hijau dan matcha saat ini tengah digandrungi banyak orang karena memang rasanya yang enak. Tapi tahukah kamu? Selain enak, minuman tersebut ternyata menyimpan rahasia yang cukup menyehatkan.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Salford menunjukkan bahwa teh hijau green tea matcha bukan hanya bisa menurunkan berat badan, namun juga bisa membunuh sel kanker.


Seperti yang kita tahu, sel kanker akan terus membelah diri dan memperbarui dirinya. Namun menurut uji laboratorium, hal itu bisa dihentikan oleh teh hijau matcha dengan menghentikan pasokan energi sel kanker tersebut.

"Ekstrak tersebut (teh hijau matcha) telah menggeser sel-sel kanker menuju ke 'keadaan metabolis yang tenang'. Dengan kata lain, itu mencegah sel-sel dari 'pengisian bahan bakar' dan karena itu mereka (sel kanker) menjadi tidak aktif dan mati," jelas Profesor Michael Lisanti, yang memimpin penelitian dikutip dari Daily Mail.


Para peneliti juga menyelidiki dampaknya dengan menggunakan metabolik fenotipe, sebuah proses ilmiah yang meneliti bagaimana senyawa secara langsung memengaruhi sel. Mereka menemukan ekstrak teh hijau matcha dapat menekan metabolisme mitokondria yang dianggap sebagai pusat kekuatan setiap sel.


Mereka berharap, ekstrak matcha ini nantinya bisa digunakan sama seperti rapamycin, yaitu obat yang mematikan jalur mTOR (jalur pertumbuhan sel).


"Efek pada sel kanker payudara manusia sangat mencolok, bahan aktif dalam matcha yang memiliki efek bedah dalam merobohkan jalur sinyal tertentu," ungkap Prof Lisanti.


"Hasil kami konsisten dengan gagasan bahwa matcha mungkin memiliki potensi terapeutik yang signifikan, menengahi pemrograman ulang metabolik sel kanker," lanjutnya.


Namun, kepala informasi perawat Cancer Research UK, Martin Ledwick mengatakan bahwa tidak ada bukti kuat bahwa teh hijau matcha dapat membantu mengobati kanker. Meskipun penelitian awal ini menunjukkan bahwa teh hijau matcha dapat membunuh sel kanker payudara di laboratorium, namun ini sangat berbeda dengan minum teh pada biasanya.


"Penelitian tahap awal lainnya menunjukkan bahwa ekstrak dari teh hijau dapat menghentikan sel-sel kanker dari tumbuh. Tapi pada saat ini bukti tidak cukup kuat untuk mengetahui hal ini dengan pasti dan kami memerlukan verifikasi dari penelitian manusia untuk membuktikan ini," tegas Ledwick.

Related Posts:

Sumber : Detik.com | Suara.com | Merdeka.com | Kompas.com | Sindonews.com | Sooperboy.com | Liputan6.com | Viva.co.id | Doktersehat.com